Pemandangan Gunung Fuji dan Pohon Maple Daun Merah

Pemandangan Gunung Fuji dan Pohon Maple Daun Merah

Saturday, February 28, 2015

Kekaisaran Jepang: Kaisar Meiji, Kaisar Jepang ke-122

Kaisar Meiji


Kaisar Meiji ( 明治天皇 Meiji Tenno?, lahir di Kyoto, 3 November 1852 – meninggal di Tokyo, 30 Juli 1912 pada umur 59 tahun), atau Meiji Agung (明治 大帝 Meiji-Taitei?), adalah kaisar Jepang ke-122 sesuai urutan tradisional suksesi, memerintah dari 3 Februari 1867 sampai meninggal dunia. Dia memimpin bangsa yang bangkit dari keshogunan feodal menjadi kekuatan dunia.
Nama pribadinya adalah Mutsuhito (睦仁?). Di luar Jepang ia disebut Mutsuhito atau Kaisar Mutsuhito. Di Jepang, sebutannya Kaisar Meiji karena kaisar Jepang yang sudah almarhum hanya disebut dengan nama anumerta.
Pada saat kelahirannya pada tahun 1852, Jepang adalah negara feodal yang terisolasi dan berada dalam keadaan praindustri, didominasi oleh pemerintah diktatorial militer Keshogunan Tokugawa dan daimyo yang memerintah Jepang menjadi lebih dari 250 domain terdesentralisasi. Pada saat kematiannya pada tahun 1912, Jepang telah menjalani revolusi politik, sosial, dan industri di dalam negeri (lihat Restorasi Meiji), dan muncul sebagai salah satu kekuatan besar di panggung dunia.
Artikel New York Times mengenai pemakaman kenegaraan Kaisar Meiji ditutup dengan pernyataan, "Kontras antara iringan yang mendahului mobil jenazah dan iringan yang mengikutinya memang sangat mencolok. Yang di depan itu Jepang lama, setelah itu menyusul Jepang yang baru.

Sumber : id.wikipedia.org

1 comment: