Pemandangan Gunung Fuji dan Pohon Maple Daun Merah

Pemandangan Gunung Fuji dan Pohon Maple Daun Merah

Wednesday, February 25, 2015

Jepang Secara Geografis


Peta Geografis Jepang

Jepang terdiri dari 3.000 pulau lebih. Jepang terletak di pinggiran Lautan Pasifik di timur benua Asia. Istilah kepulauan Jepang merujuk kepada empat pulau besar, yaitu Hokkaido, Honshu, Shikoku, dan Kyushu, serta Kepulauan Ryukyu yang berada di selatan Kyushu. Sekitar 70% hingga 80% dari wilayah Jepang terdiri dari pegunungan yang mempunyai hutan, dan cocok untuk pertanian, industri, serta permukiman. Selain itu daerah yang curam berbahaya untuk dihuni karena risiko tanah longsor akibat gempa bumi, kondisi ini di karenakan tanah yang lunak, dan curah hujan lebat. maka dari itu, permukiman penduduk terpusat di kawasan pesisir. Dan jepang termasuk salah satu negara berpenduduk terpadat di dunia.

Karena letaknya di atas Lingkaran Api Pasifik di pertemuan tiga lempeng tektonik jepang mengalami gempa bumi dan sesekali letusan gunung berapi ringan.Setiap abadnya, di Jepang terjadi beberapa kali tsunami di karenakan gempa bumi yang terjadi. Pada tahun 2004 Gempa bumi Chūetsu dan Gempa bumi besar Hanshin tahun 1995 terjadi. Jepang memiliki banyak sumber mata air panas karena keadaan geografisnya, sebagian besar telah dibangun sebagai daerah tujuan wisata.

Jepang berada di kawasan beriklim sedang dengan pembagian empat musim. Pada musim dingin, Jepang bagian utara seperti Hokkaido mengalami musim salju, namun sebaliknya wilayah Jepang bagian selatan beriklim subtropis. itu terjadi karena tiupan angin musim yang bertiup dari benua Asia keLautan Pasifik pada musim dingin, dan sebaliknya pada musim panas.

Iklim di Jepang terbagi atas enam zona iklim:
• Hokkaido: Kawasan paling utara beriklim sedang dengan musim dingin yang panjang sampai pada titik beku, serta musim panas yang sejuk. Presipitasi tidak besar, namun salju banyak turun ketika musim dingin.
  • Laut Jepang: Di pantai barat Pulau Honshu, tiupan angin dari barat laut membawa salju yang sangat lebat. Pada musim panas, kawasan ini lebih sejuk dibandingkan kawasan Pasifik. Walaupun begitu, suhu di kawasan ini kadangkala dapat menjadi sangat tinggi ini disebabkan fenomena angin fohn.
  • Dataran Tinggi Tengah: Wilayah ini beriklim pedalaman dengan perbedaan suhu rata-rata musim panas-musim dingin yang sangat mencolok. Perbedaan suhu antara malam hari dan siang hari juga sangat signifikan.
  • Laut Pedalaman Seto: Barisan pegunungan di wilayah Chugoku dan Shikokumenghalangi jalur tiupan angin musim, sehingga kawasan ini sepanjang tahun beriklim sedang.
  • Samudra Pasifik: Kawasan pesisir bagian timur Jepang mengalami musim dingin yang sangat dingin, namun tidak banyak turun salju. Sebaliknya, musim panas menjadi begitu lembap yang disebabkan tiupan angin musim dari tenggara.
  • Kepulauan Ryukyu: Kepulauan di barat daya Jepang ini termasuk Kepulauan Ryukyu beriklim subtropis, hangat sewaktu musim dingin dan suhu yang tinggi sepanjang musim panas. Presipitasi sangat tinggi, terutama selama musim hujan. Taifun sangat sering terjadi.
Suhu tertinggi yang pernah tercatat di Jepang adalah 40,9 °C (105,6 °F) pada 16 Agustus 2007.

Biasanya musim hujan dimulai lebih awal di Okinawa, mulai awal Mei. Garis depan musim hujan bergerak ke utara, namun berakhir di Jepang utara sebelum mencapai Hokkaido. Sedangkan di sebagian besar wilayah Honshu, awal musim hujan dimulai pertengahan Juni dan berlangsung selama enam minggu. Taifun sering terjadi sepanjang September dan Oktober. Itu di sebabkan tekanan tropis di garis khatulistiwa yang bergerak dari barat daya ke timur laut, dan sering membawa hujan yang sangat lebat.

No comments:

Post a Comment